Panduan Akademik | Panduan Skripsi | Panduan Kemahasiswaan

Visi dan Misi Program Studi Ilmu Hukum


Visi

Visi Program Studi Ilmu Hukum yaitu “Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang Mampu Mewujudkan Masyarakat Ilmiah di Bidang Advokasi yang Berdaya Saing Global, Profesional dan Berbudaya”.

Uraian Visi :

Masyarakat Ilmiah merupakan satu kesatuan individu yang memiliki, mengerti dan memahami suatu bidang kekhususan ilmu pengetahuan. Pemaknaan ilmiah setiap individu mengarah pada kemampuan dibidang advokasi yang bermutu dan berbudaya.

Bidang Advokasi adalah usaha atau tindakan sistematis dan terorganisir untuk mempengaruhi terjadinya perubahan dalam kebijakan publik dan privat secara bertahap maju serta benar-benar mengembangkan ilmu pengetahuan hukum sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga mampu melakukan pemberdayaan dan pendampingan dengan merekomendasikan gagasan kebijakan dalam proses pembentukan, pelaksanaan dan penegakan hukum untuk tercapainya keadilan, kepastian dan kemanfaatan hukum.

Daya Saing Global adalah sarjana hukum yang dihasilkan harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sehingga dapat menjadi aktor utama dalam proses globalisasi dengan kemampuan berfikir global.

Profesional adalah sarjana hukum yang memiliki integritas, kompetensi dan bijaksana dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk meningkatkan harkat dan martabat kemanusiannya.

Berbudaya adalah sarjana hukum yang memiliki kepekaan dan ketajaman nurani serta mampu menginternalisasikan nilai kearifan lokal (local genius) dan memanfaatkan nilai-nilai luhur budaya lokal yang bersifat universal untuk berinteraksi di masyarakat.

Misi

Misi Program Studi Ilmu Hukum yaitu :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang kompetitif dan terampil dibidang ilmu hukum;
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang modern dan inovatif dalam rangka memberikan kontribusi pengembangan ilmu hukum;
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian pada masyarakat dengan meningkatkan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat dibidang hukum yang berorientasi pada etika, moral, dan budaya;
  4. Mengembangkan kerjasama strategis berskala lokal, regional, nasional dan internasional dengan berbagai pemangku kepentingan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mandiri yang mampu menguasai ilmu hukum dan terampil menerapkan hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mampu bersaing di era globalisasi;
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan hukum baik secara teoritik-konseptual, metodologi, maupun paradigmatik yang dapat memperkaya khasanah pengembangan ilmu hukum;
  3. Mewujudkan suatu tatanan kemasyarakatan berbudaya hukum yang memiliki nilai, sikap, etika dan perilaku hukum yang demokratis dan berkeadilan sehingga tercipta masyarakat taat hukum;Meningkatkan peran aktif dalam membantu pemangku kepentingan untuk memanfaatkan keahlian ilmu hukum dalam pengambilan kebijakan publik dan privat.

Sasaran Program Studi Ilmu Hukum

  1. Membantu mahasiswa menjadi akademisi dan praktisi yang berintegritas dibidang hukum;
  2. Melaksanakan pengembangan ilmu hukum melalui riset dibidang hukum yang modern, inovatif dan aplikatif;
  3. Melakukan pendampingan hukum dalam mewujudkan tatanan kemasyarakatan yang berorientasi pada etika, moral dan budaya;
  4. Membentuk dan melaksanakan kerjasama dengan institusi/lembaga pemerintah dan non pemerintah maupun perusahaan.

 

MOTTO

“PELAYANAN HUKUM DEMI KEBENARAN DAN KEADILAN” ( LAW OF RECIPROCITY THE TRUSTAND JUSTICE)