Visi dan Misi Fakultas Hukum

Visi

Visi Fakultas Hukum Unmas Denpasar yaitu “Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Ilmu Hukum yang Bermutu, Beretika, dan Berbudaya”

Uraian Visi :

Lembaga Pendidikan Tinggi Ilmu Hukum adalah sebagai institusi penyelenggara kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang ilmu hukum untuk memiliki kemampuan mempengaruhi kebijakan dalam pembentukan, pelaksanaan dan penegakan hukum dalam rangka peningkatan kualitas litigasi dan non litigasi.

Bermutu adalah penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dari input, proses, output dan outcome sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi.

Beretika adalah membangun interaksi akademik dan non akademik antar civitas akademika dan lingkungan sosial yang berintegritas.

Berbudaya adalah menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran dalam suasana akademik dan non akademik untuk mencapai daya saing tinggi.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, Fakultas Hukum Unmas Denpasar memiliki misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang professional dan berintegritas secara berkelanjutan.
  2. Mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu hukum, sumber daya manusia, lembaga dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama di tingkat internal, regional, nasional dan internasional.

 

Visi dan Misi Program Studi Ilmu Hukum

Visi

Visi Program Studi Ilmu Hukum yaitu “Unggul dalam Mewujudkan Masyarakat Ilmiah di Bidang Advokasi yang Mempunyai Daya Saing Global, Profesional, dan Berbudaya”.

Uraian Visi :

Unggul dalam Mewujudkan Masyarakat Ilmiah di Bidang Advokasi adalah suatu cita-cita untuk mencapai keadaan yang menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum yang ditujukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan hukum sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu melakukan pemberdayaan dan pendampingan dengan merekomendasikan gagasan dalam kebijakan dalam proses pembentukan, pelaksanaan dan penegakan hukum untuk tercapainya keadilan, kepastian dan kemanfaatan hukum.

Daya Saing Global adalah sarjana hukum yang menguasai ipteks sehingga dapat menjadi aktor utama dalam proses globalisasi dengan kemampuan berfikir global (think globally).

Profesional adalah sarjana hukum yang memiliki kompetensi tinggi, daya saing, dan bijaksana dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk meningkatkan harkat dan martabat kemanusiannya.

Berbudaya adalah sarjana yang memiliki kepekaan dan ketajaman nurani serta mampu menginternalisasikan local genius (budaya dan pariwisata budaya) dan memanfaatkan nilai-nilai luhur budaya lokal yang bersifat universal untuk berinteraksi di masyarakat. SDM berbudaya dapat dicapai dengan penerapan pola ilmiah pokok (PIP) hukum adat dalam kurikulum dengan menetapkan standar kompetensi lulusan (SKL), standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD) dan hidden kompetensi.

Misi

Misi Program Studi Ilmu Hukum yaitu :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi ilmu hukum yang kompetitif dan maju untuk memberikan kontribusi pengetahuan hukum serta meningkatkan kesadaran hukum dan kepatuhan hukum.
  2. Mengembangkan pendidikan tinggi ilmu hukum yang modern dan maju dan memiliki yang memiliki kecakapan di bidang pelayanan hukum dan pemberdayaan dalam rangka mewujudkan tata kehidupan bersama yang sejahtera, tertib, dan berkeadilan di masyarakat.
  3. Menanamkan, menumbuhkembangkan, dan meningkatkan budaya hukum yang beretika, bermoral, dan berbudaya sesuai dengan cita hukum.