ORGANISASI KEMAHASISWAAN FAKULTAS HUKUM DAN PRODI ILMU HUKUM UNMAS DENPASAR

Organisasi kemahasiswaan (Ormawa) merupakan wahana pengembangan diri mahasiswa yang diharapkan dapat meningkatkan penalaran dan keilmuan serta arah profesi mahasiswa, menampung kebutuhan, menyalurkan minat dan kegemaran, meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan kemampuan kewirausahaan, dan meningkatkan soft skill, dan hard skill mahasiswa. Organisasi mahasiswa yang ada di Fakultas Hukum dan Prodi Ilmu Hukum Unmas Denpasar  meliputi:

 

  1. Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum (BPM-FH)
  2. Badan Eksekutif  Mahasiswa  Fakultas Hukum (BEM-FH)
  3. Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPS-IH)
  4. Ganesha Moot Court Community (GMCC)
  5. Forum Diskusi Hukum (FODIUM)
  6. Law Society Futsal Community (LSFC)

 

1. Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum (BPM-FH)

Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar (BPM FH UNMAS) merupakan Lembaga Kemahasiswaan yang memegang kekuasaan legislatif dan memiliki kedudukan penting dalam tataran lembaga kemahasiswaan di FH UNMAS. BPM FH UNMAS memiliki beberapa fungsi penting yang terdiri dari Fungsi Legislasi, Fungsi Aspirasi, Advokasi, dan Fungsi Pengawasan. Setiap fungsi tersebut berjalan secara harmonis untuk membuat jalannya aktifitas lembaga kemahasiswaaan dan akademik menjadi tertib dan bermanfaat. BPM FH UNMAS berkedudukan sebagai Pilar Pelindung yang dimiliki oleh Mahasiswa Fakultas Hukum Unmas Denpasar untuk menjembatani aspirasi mahasiswa fakultas hukum unmas denpasar dengan Pimpinan Fakultas terhadap permasalahan yang dihadapi atau aspirasi mahasiswa agar tersampaikan dengan baik dan memperoleh jalan keluar terbaik terhadap permasalahan mahasiswa terkait kebijakan yang diambil oleh Fakultas Hukum dan Prodi ilmu Hukum Unmas Denpasar.

 

2. Badan Eksekutif  Mahasiswa  Fakultas Hukum (BEM-FH)

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar (BEM FH) merupakan badan penyelenggara fungsi eksekutif di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar. tugas pokok BEM FH Unmas adalah sebagai perpanjangan tangan fakultas hukum unmas denpasar, mendukung setiap program kerja yang ditetapkan oleh Fakultas, dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa fakultas hukum unmas denpasar dengan prinsip Proaktif, Aspiratif, Inklusif, Kebersamaan, Dedikatif serta Bermanfaat.

 

3. Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPS-Ilmu Hukum)

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPS Ilmu Hukum) adalah organisasi mahasiswa di tingkat jurusan/ program studi di Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar. Keberadaan himpunan mahasiswa prodi haruslah berdasarkan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa. Himpunan mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat.

 

4. Ganesha Moot Court Community (GMCC)

Ganesha Moot Court Community memiliki Tujuan memberikan pendidikan, pelatihan hukum acara peradilan di Indonesia pada umunya pada bidang Hukum Acara Pidana, dan Hukumm Acara Perdata, keberadaan komunitas ini tidak lain untuk membekali pengalaman kepada mahasiswa untuk belajar mendalami dan mempraktekan alur persidangan di dalam pengadilan, sehingga mahasiswa diharapkan mampu untuk menguasai mekanisme persidangan di dalam persidangan, selain hal tersebut komunitas ini juga merupakan aplikasi dari Visi Misi fakultas Hukum yang salah satunya adalah unggu di bidang Adokasi, memberikan pemahaman yang lebih kepada mahasiswa untuk memberikan bantuan hukum secara efektif dan berlandaskan kepada kebenaran. Komunitas ini sering kali mengikuti kejuaraan baik bertaraf Regional dan Nasional.

 

5. Forum Diskusi Hukum (FODIUM)

Komunitas Fodium merupakan Komunitas penalaran Fakultas Hukum Unmas Denpasar yang berbasis pada kegiatan diskusi. Melalui berbagai jenis diskusi para anggota Komunitas  Fodium akan membahas isu-isu faktual dan terkini sebagai kegiatan utamanya untuk menjadikan mahasiswa yang peka, kritis, dan tanggap baik di dalam maupun di luar Fakultas Hukum Unmas Denpasar. Untuk mendukung pengembangan diri anggotanya, Fodium mengadakan kegiatan-kegiatan diskusi seperti diskusi public membahas perkembangan isu aktual di bidang hukum baik hukum adat, hukum nasional, hukum agama dan hukum internasional serta kegiatan kebersamaan antar anggota maupun alumni. Misi Komunitas Fodium adalah meningkatkan kemampuan intelektual anggota Fodim dalam bernalar dan beranalisa dengan menjalankan bentuk-bentuk kegiatan yang didukung oleh program kepengurusan.

 

6. Law Society Futsal Community (LSFC)

Komunitas Futsal yang berdiri di Fakultas Hukum Unmas Denpasar diberi nama Law Society, Komunitas ini dibentuk berdasarkan animo mahasiswa yang memiliki minat bakat dibidang olah raga futsal, maka fakultas hukum Unmas Denpasar memfasilitasi dengan membentuk sebuah komunitas mahasiswa olahraga futsal, potensi mahasiswa fakultas hukum dalam kegiatan olah raga futsal memberikan dampak positif untuk prestasi mahasiswa non akademik khususnya olahraga futsal, dalam beberapa kompetisi yang diikuti oleh komunitas ini tidak pernah kembali ke fakultas hukum Unmas denpasar tanpa membawa predikat juara, baik kompetisi di tingkat regional maupun nasional. Selain membawa predikat juara munculnya komunitas ini juga berdampak positif bagi kehidupan pergaulan mahasiswa, untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, keakraban dan meningkatkan komunikasi antar mahasiswa di lingkungan Fakultas Hukum Unmas Denpasar, di Lingkungan Unmas Denpasar dan antar Perguruan Tinggi Se-Denpasar.